Rabu, 25 April 2018

Pelajaran PPKn sulit atau mudah?

       Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang biasa dikenal dengan PPKn tentu tidak asing lagi di dengar ditelinga kita, apalagi bagi kalangan pelajar,atau pun lingkungan warga sekolah, meskipun berulang kali berubah nama dari PPKn ke PKn dan kembali ke PPKn.
       Yang dipelajari pun tidaklah jauh dari seputar Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia,Bhinneka Tunggal Ika, dan lain-lainnya.
       Karena sejak dulu yang dipelajari seputar itu maka sebagian orang mempunyai anggapan itu pelajaran yang mudah. Tidak hanya dikalangan pelajar, guru pun demikian.
       Apabila di suatu sekolah  guru  PPKn berhalangan masuk memberikan materi pelajaran (berhalangan mengajar) maka sangatlah mudah untuk mendapatkan pengganti untuk mengajarnya. Benar demikian pelajaran PPKn ini mudah? itulah pertanyaan dalam hati  
       Demikian pun siswa terlihat begitu menganggap remeh pelajaran tersebut, terlihat dalam menjawab soal hanya dalam hitungan 15 menit sudah selesai mengerjakan. Apa ini mudah? itu pula  pertanyaan yang muncul dalam hati.
       Kenyataan demikian sangat menyedihkan, terbukti soal yang dikerjakan siswa sangat jauh dari harapan. Kalau memang mudah mestinya nilai yang di dapat tentu di atas dari harapan, dan dapat membanggakan warga sekolah.
       Sesungguhnya pelajaran PPKn ini memang sering dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari secara akurat, dan bukan asal-asalan, namun memerlukan analisis yang sangat mendalam sehingga bisa mendapat jawaban  yang sesuai harapan.
       Apa bisa menganalisis yang lumayan panjang lebar? Wow, sulit, sulit.
       Yang diinginkan takkan ada lagi orang beranggapan mudah,gampang, menganggap remeh, asal baca.
      


      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar